Gatensi Muna TUK Sewaktu Fatahillah Gelar Uji Sertifikasi Kompetensi Kerja

Kegiatan uji sertifikasi kompetensi kerja di Kabupaten Muna, Selasa (27/2).

Muna, Sultramedia – Gabungan Ahli Teknik Nasional Indonesia (Gatensi) Muna menggelar uji sertifikasi kompetensi kerja bagi tenaga teknik, di bilangan Kota Raha, Selasa (27/2/2024).

Koordinator Tempat Uji Kompetensi (TUK) Sewaktu Fatahillah, Afriadi Hastro Pagade mengatakan uji sertifikasi kompensi ini perdana dilaksanakan di wilayah Kabupaten Muna. Terdapat 20 orang yang menjadi pesertanya. Mereka berasal dari sejumlah daerah cakupan wilayah Muna.

“Selama ini yang melaksanakan kegiatan serupa hanya di Dinas PU saja namun masih sebatas pada uji kompetensi tenaga tukang dan K3 saja. Nah sementara untuk tenaga teknik ini baru kami yang laksanakan pertama kali di Muna,” ungkapnya.

Secara teknis kata Afriadi, kegiatan tersebut dilaksanakan selama satu hari dengan pembagian beberapa gelombang di karenakan keterbatasan ruangan dan kursi. Sementara untuk penguji kompetensi ini dilakukan Asessor dari Pusat dan Provinsi Sultra.

Dia juga menjelaskan, selain untuk melahirkan tenaga teknik yang bersertifikat, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk membantu serta memudahkan tenaga teknik di daerah wilayah Muna untuk mendapatkan sertifikat dengan tidak perlu lagi pergi jauh ke wilayah lain.

“Untuk buat Sertifikat Badan Usaha (SBU) perusahaan kan harus memiliki yang namanya SKT atau SKA tapi sekarang SKK. Yang jadi kendala itu, baik perusahaan developer ataupun kontraktor untuk mendapatkan sertifikat ini harus pergi Kendari. Sudah tiga tahun terakhir ini harus ke Kendari. Maka dalam hal ini kami membuat kegiatan uji sertifikasi ini di Muna,” jelasnya.

Ia berharap kegiatan tersebut dapat berjalan dengan lancar tanpa hambatan dan pihaknya juga berencana dalam waktu tidak lama lagi akan membuat kegiatan serupa di Muna.

“Insyaallah kita akan adakan lagi untuk uji sertifikasi selanjutnya,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *